Search
  • TGSI

Menghadapi Ketidakpastian

By Yodhananta Soewandi

Identity Mentor & Self-Healing Specialist

Ketidakpastian mudah menjadi sumber kecemasan dan kegelisahan dalam hidup. Secara psikologis manusia rata-rata sulit untuk memahami dan menerima hal-hal yang tidak ada kejelasan yang bisa mengundang rasa frustrasi menantang pola pikir dan perasaan. Pandemi Covid-19 telah menjadi krisis global yang telah menyentuh mayoritas umat manusia yang muncul tanpa pengetahuan mengakibatkan gejolak kepada institusi, individu dan hidup secara keseluruhan. Berbagai kegiatan terpaksa dihentikan dengan berbagai sistim dunia seperti keuangan, pemerintahan dan sosial dalam proses restrukturisasi, mewujudkan banyak tanda tanya dan ketidakpastian. Tetapi kondisi apa pun yang sedang berjalan di dunia, kita sebagai individu tidak harus terhanyut dengan perasaan seperti kecemasan atau kegelisahan, karena kita memiliki kekuatan untuk memilih bagaimana kita respon kepada situasi apa pun secara mental dan emosional. Menanggapi sebuah situasi dan terpicu sebuah perasaan adalah dua hal yang sebetulnya berbeda. Apabila kita bisa menghadapinya dengan pikiran yang jernih dan perasaan yang ringan, maka penanganan kita terutama dalam masa krisis ini akan membangun dibandingkan merugikan.


Untuk memiliki pikiran dan perasaan yang positif membutuhkan ketersediaan diri untuk menghadapi dan memproses perasaan negatif seperti rasa takut, rasa kesepian atau rasa frustrasi yang menyelubungi hati dan perasaan, yang bisa dilakukan melalui meditasi. Sebuah kegiatan yang terdukung oleh penelitian Harvard Gazette di tahun 2015 melalui penemuan mereka bahwa dalam meditasi bagian otak berperan dalam perhatian dan integrase emosi (Cerebral Cortex) menguat dan menghilangkan sambungan sinaps bersifat negatif. Melalui meditasi kita bisa memprogram ulang otak dan membangun hati menjadi lebih positif menghasilkan sensasi ketenangan, kedamaian dan keselarasan.


Di sesi meditasi ini marilah kita mendalami bersama sumber emosi dan pikiran negatif untuk mewujudkan diri sendiri yang jernih, ringan dan positif dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Meditasi Gratis: Menghadapi Ketidakpastian

STAY CONNECTED

Join our mailing list for the latest class and event updates.

CONTACT US
+62 215 794 3729
+62 812 9338 3162 (WA)
tgsi@thegoldenspaceindonesia.com
or you can fill out this form

  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter

©2020 The Golden Space Indonesia