Search
  • TGSI

MENGGALI KEKUATAN DIRI DENGAN TRANSF4ORMASI EMOSI

Oleh Bagia Arif Saputra

Stress & Anger Management Specialist

Kadang saat kita merasa stress atau bahkan lelah dengan masalah-masalah dalam hidup, kita cenderung merasa lemah. Sumber kekuatan yang pada akhirnya membantu untuk bangkit biasanya datang dari luar diri kita: keluarga, pasangan, teman, mentor atau bahkan tenaga ahli kesehatan jiwa. Tidak ada yang selah dengan meminta bantuan, namun sebetulnya, kekuatan itu dapat kita pupuk dan tumbuhkan dari dalam diri.


Tidak jarang kita lebih fokus pada hal-hal negatif dibandingkan pikiran positif. Menurut riset, dalam bukunya Positive Intelligence, Dr. Shirzad Chamine menyebutkan bahwa untuk menghilangkan satu pikiran negatif, dibutuhkan tiga pikiran positif untuk melawannya. Tentu saja hal ini akan merepotkan jika setiap kali muncul satu pikiran negatif, maka kita harus memikirkan lebih banyak hal positif untuk menetralisir itu. Oleh karena itu, saya menawarkan satu solusi praktis yang disebut Transformasi Emosi.


Kata “Emosi” atau emotion dalam Bahasa Inggris, merupakan serapan dari Bahasa Latin “emotere” yang secara harfiah berarti energy in motion atau energi yang bergerak. Dengan kata lain, emosi yang kita rasakan sebenarnya adalah energi yang bergerak di dalam diri kita.


Fisikawan James Prescott Joule mencetuskan Hukum Kekekalan Energi yang berbunyi “energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan; energi hanya bisa berpindah tempat (transfer) dan berubah bentuk (transformasi). Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa emosi negatif yang muncul dari masalah dan tantangan di hidup kita adalah energi yang tidak bisa kita hilangkan, tetapi ia dapat kita ubah menjadi energi positif yang dapat menjadi sumber kekuatan di dalam diri.


Saat kita sudah bisa melakukan transformasi emosi, maka kita bisa dengan mudah memunculkan kekuatan dari dalam diri tanpa harus bergantung pada siapapun! Ikuti sesi saya di acara ulang tahun The Golden Space Indonesia yang ke-4, hari Sabtu, 25 Juli 2020! Sampai jumpa!

STAY CONNECTED

Join our mailing list for the latest class and event updates.

CONTACT US
+62 215 794 3729
+62 812 9338 3162 (WA)
tgsi@thegoldenspaceindonesia.com
or you can fill out this form

  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter

©2020 The Golden Space Indonesia