Search
  • TGSI

Berkembang di Dunia yang Penuh Ekspektasi dan Batasan

Oleh The Golden Space Indonesia

English Version

Peringatan Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret 2021 mengusung tema #ChooseToChallenge yang artinya memilih untuk menentang atau melawan ketidakadilan gender, karena hanya dengan inilah maka perubahan baru bisa terjadi. Tema ini menekankan pentingnya akuntabilitas terhadap para pelaku, institusi, norma, atau budaya beracun yang bias gender dan sarat akan ketidakadilan gender sehingga kita dapat membuat perubahan besar untuk membuat segalanya lebih inklusif.


Semangat dan filosofi Hari Perempuan Internasional ini tidak hanya berlaku bagi para perempuan tetapi patut diterapkan ke dalam diri setiap individu karena sesungguhnya setiap manusia berhak untuk hidup layak dan diberikan hak yang setara terlepas dari jenis kelamin, identitas gender, ekspresi gender, orientasi seksual, ras, agama, suku, dsb. Setiap orang berhak untuk tumbuh dan berkembang secara personal ataupun professional tanpa harus dibatasi atau ditentukan oleh siapapun.


Tanpa disadari, mungkin kita sudah membiarkan orang lain, entah itu keluarga, masyarakat, negara, atau dunia menentukan bagaimana kita harus menjalani hidup, berkarir, berumah tangga, dan meraih kesuksesan sesuai dengan definisi mereka. Padahal kesuksesan itu tidak bisa disamaratakan dan setiap orang memiliki definisi berbeda tentang kesuksesan dan apa yang menjadi sumber kebahagiaan mereka. Pada akhirnya kita sendirilah yang menjalani kehidupan kita, bukan untuk memenuhi ekspektasi orang lain atau masyarakat, tetapi untuk tumbuh dan berkembang mencapai kebahagiaan dan kesuksesan sesuai dengan definisi kita sendiri.


Berikut beberapa aspek yang dapat kita fokuskan agar dapat terus maju meraih kebahagiaan dan kesuksesan terlepas dari ekspektasi dan batasan dari lingkungan sekitar:


1. Pola Pikir

Salah satu tantangan untuk keluar dari kungkungan norma atau budaya yang mendefinisikan dan menentukan kesuksesan yang harus dicapai adalah perubahan pola pikir kita sendiri. Ketika sejak kecil sudah terpapar pada apa yang menjadi sebuah “keharusan” dalam aspek kehidupan personal atau professional, maka kita otomatis akan mengikuti arus yang ada. Menyadari sepenuhnya atas apa yang membuat kita bahagia dan apa yang sesungguhnya ingin kita lakukan dalam hidup akan membantu mengubah pola pikir kita yang dibatasi keyakinan masyarakat pada umumnya. Untuk meningkatkan kesadaran ini, Anda dapat melakukan latihan mindfulness atau meditasi sehingga dapat melihat dan mendengar apa yang hati kecil Anda inginkan untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki.


2. Mencintai Diri Sendiri

Penting sekali untuk mulai memberikan cinta pada diri sendiri. Saat kita sudah bisa melihat bahwa diri kita layak untuk bahagia dan pantas untuk menjalani hidup yang sukses sesuai definisi kita sendiri, makan kita akan lebih mudah dalam mewujudkan hal-hal yang menjadi kebahagiaan dan kesuksesan kita.


3. Menghormati Diri Sendiri

Ketika kita sudah terbiasa menjalani hidup untuk memenuhi ekspektasi orang lain, kadang kita lupa bahwa dalam proses membahagiakan orang lain dan membuat bangga orang lain, kita mengorbankan kebahagiaan kita sendiri. Mulailah untuk menghargai dan menghormati diri kita terlebih dahulu dengan mengakui bahwa kebahagiaan dan kesuksesan kita adalah pilihan kita dan terlepas dari tuntutan orang lain, definisi kebahagiaan dan kesuksean kita itu valid.


4. Keberanian Diri

Setelah kita mampu mengubah pola pikir, mencintai diri kita sendiri, dan memutuskan untuk menghormati diri sendiri dengan menjalani hidup yang penuh kebahagiaan dan meraih kesuksesan berdasarkan definisi kita sendiri, mulailah bangun keberanian untuk menunjukkan keotentikan kita dan keteguhan kita untuk mewujudkan impian dengan versi kita sendiri. Memupuk keberanian ini akan sangat membantu jika kita dikelilingi orang-orang yang mendukung kita tanpa menghakimi pilihan kita. Temukanlah orang-orang atau komunitas yang dapat menyediakan ruang yang aman bagi Anda untuk mengekspresikan impian Anda dan menyemangati Anda bahwa semua impian itu sangat mungkin terwujud.


Kami di The Golden Space Indonesia berkomitmen untuk memberikan ruang yang aman dan nyaman bagi semua untuk bisa mengekspresikan diri dan memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan diri agar menjadi individu yang bahagia dan sukses menurut versi Anda masing-masing.

Thriving in A World of Expectations and Definitions


Recent International Women’s Day on 8 March 2021 promotes the theme of #ChooseToChallenge which means to challenge gender inequality because only with challenge there comes a change. This theme emphasizes the importance of holding the people, institution, the norms or toxic culture accountable for the gender bias and inequality so that major change can take place to make everything more inclusive.


The spirit and philosophy of International Women’s Day are not only applicable to women but it is applicable to every individual as everyone deserves the rights to live well and be given equal rights regardless of their sex, gender identity, gender expression, sexual orientation, race, religion, ets. Everyone has the rights to thrive both personally and professionally without being limited or defined by anyone else.


Here are some aspects that you can focus on to keep on thriving in a world of expectations and definitions:


1. Mindset

One of the challenges to break free from restricting norms or culture is our own mindset. We’ve been programmed to follow the status quo and sacrificing our happiness for the sake of others. Start to be aware of what makes you truly happy by practicing mindfulness or meditation so you can connect more to your heart and figure out the life that will bring you happiness and success.


2. Self Love

It is extremely important to love yourself first. Once you are able to see that you are worthy to be happy and deserving of living the life that you desire according to your definition, then you will start taking action to pursue it for yourself!


3. Honor Yourself

Stop living up to other people’s expectation and start honoring yourself by pursuing what truly makes you happy. Your definition of happiness and success is valid regardless of what other people say.


4. Self Courage

The last part of it is to be courageous. Surround yourself with people or community who can support you and give you a safe space to express your dreams and pursue it without judgment!


We, at The Golden Space Indonesia, are committed to give you safe space and lift you up through our self empowerment workshops and classes so you can thrive based on your definition of success!

0 comments

STAY CONNECTED

Join our mailing list for the latest class and event updates.

  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter

©2020 The Golden Space Indonesia